Blog Seputar Cara Menghilangkan Jerawat, Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Cara Menghilangkan Komedo, Cara Memutihkan Wajah ,Cara Memutihkan Kulit, Cara Memutihkan Gigi, Cara Manfaat Daun Sirsak , Artikel Kesehatan , Makalah Kesehatan, Tips Kesehataan, Skripsi Kesehatan, manfaat dan Khasiat Daun, contoh surat.Contoh makalah

Cacing Nematoda Dioctophyma renale

Advertisement
Advertisement
Dioctophyma renale

Caccing ini merupakan cacing yang terbesar diantara klas nematoda, cacing jantan panjangnya sampai 20 cm dan lebar 6mm; cacing betina panjangnya mencapai 100 cm lebar 12 mm, berwarna merah.

Daur hidup
            Telur yang berkulit tebal memerlukan 6 bulan untuk membentuk embrio didalam air. Telur dimakan oleh anelida, sejenis cacing Lumbricus variegatus dan segera menetas menjadi cacing muda stadium satu.  Kemudian penetrasi melalui dinding saluran darah abdominal berkembang menjadi stadium 4. Bila anelida tersebut tertelan oleh hospes intermedier, cacing bermigrasi ke ginjal dan menjadi dewasa. Tetapi bila dimakan oleh ikan, cacing muda akan membentuk cyste didalam daging ikan atau viscera ikan, disini  ikan adalah hospes Paratenik. Bila ikan dimakan oleh hospes definitif, cacing muda akan melakukan penetrasi kedalam duodenum kemudian masuk kedalam ginjal dan menjadi dewasa (biasanya ginjal bagian kanan). Cacing dewasa bertelur dan telur dikeluarkan lewat urine.

Patologi
            Neurosis terjadi karena tekanan dari cacing bersamaan dengan aktifitas makan dari parsit tersebut. Hal tersebut meyebabkan ginjal yang terkena dindingnya menipis, fungsi ginjal menurun bahkan menjadi tidak berfungsi dan menyebabkan toksisitas uremia.

Diagnosis dan pengobatan
            Karena kasusnya sangat jarang maka dokter kadang tidak menduga dan tidak mendiagnosis secara tepat. Dengan ditemukannya telur cacing dalam urine adalah satu-satunya diagnosis yang tepat. Satu-satunya cara pengobatan ialah dengan operasi pengambilan cacing dari ginjal.


Facebook Twitter Google+
Back To Top