Blog Seputar Cara Menghilangkan Jerawat, Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Cara Menghilangkan Komedo, Cara Memutihkan Wajah ,Cara Memutihkan Kulit, Cara Memutihkan Gigi, Cara Manfaat Daun Sirsak , Artikel Kesehatan , Makalah Kesehatan, Tips Kesehataan, Skripsi Kesehatan, manfaat dan Khasiat Daun, contoh surat.Contoh makalah

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Advertisement
Advertisement
Cara Mengobati Radang Tenggorokan - Sahabt sehat kali ini admin akan membahas mengenai Cara mengobati Radang Tenggorokan Dan Sebelumnya Admin telah membahas  Cara Mengobati Asam Urat ,Nah. Sahabat Rasa sakit pada tenggorokan merupakan gejala adanya penyakit pada saluran pernapasan. Salah satunya adalah penyakit radang tenggorokan. Mungkin banyak yang menganggap bahwa ini adalah penyakit sepele. Namun jika terus dibiarkan akan berakibat fatal.

Dalam mengobati radang tenggorokan yang harus diperhatikan adalah apa yang menjadi penyebab radang tenggorokan itu sendiri. Karena penyebabnya macam-macam tentunya akan mendapatkan langkah pengobatan yang berbeda-beda karena harus disesuaikan dengan penyebabnya tersebut. baca lebih lanjut tentang Penyebab radang tenggorokan 
http://www.materikesehatan.com/2015/05/cara-mengobati-radang-tenggorokan.html
 Radang Tenggorokan

Beberapa gejala awal radang tenggorokan yang penting untuk kita ketahui :

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri
Pada kondisi ini radang tenggorokan bisa dikategorikan parah karena dapat merambat pada katup jantung sehingga menimbulkan demam rhematik. Ciri-ciri radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri adalah:
-Rasa sakit saat menelan ludah ataupun makanan
-Leher membengkak
-Bagian tenggorokan muncul bercak putih dan tenggorokan berwarna merah
-Suhu badan menigkat dengan disertai menggigil

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat radang tenggorokan tradisional:
Minum jus lemon tanpa gula
Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

Minum Air Putih
Air putih adalah minuman yang paling umum kita temui setiap harinya. Air putih merupakan obat paling mujarab untuk semua penyakit yang ada dalam tubuh anda. Air putih juga bisa menjadi salah satu obat yang alami untuk meredakan radang tenggorokan anda. Jika anda saat ini sedang terserang radang tenggorokan perbanyak mengkonsumsi air putih, jika biasanya anda hanya mengkonsumsi air putih sedikit dan lebih banyak mengkonsumsi air es, sebaiknya anda rubah kebiasaan itu ketika daya tahan tubuh anda sedang lemah dan sedang terkena radang tenggorokan.

Menghirup uap panas
Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

Teh chamomile

Teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, Anda bisa menambahkan madu.
Madu dan lemon
Minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon dan satu sdm madu. Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam

Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

Daun Kemangi
Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.
Jus buah belimbing
Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.

Teh jahe
Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

Konsumsi Sup

Saat tenggorokan sakit, biasanya kita akan sulit makan dan menelan. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Itu tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan Anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.

Makan bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.

Mencegah Komplikasi Radang Tenggorokan.

Mengobati radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptococcus secara tuntas dapat mencegah komplikasi. Karena radang tenggorokan jenis ini, jika tidak diobati dengan tepat akan berpotensi menimbulkan komplikasi berupa penyakit jantung rematik dan penyakit ginjal glomerulonefritis akut (GNA).
Untuk mengobati radang ini diperlukan antibiotik, diantaranya penisilin/amoksisilin selama 10 hari, alternatif lainnya eritromisin, azitromisin. Ketika minum antibiotik harus sesuai dengan anjuran dokter yakni harus dihabiskan walaupun sebelum habis Anda sudah merasa sembuh.

Mencegah Radang Tenggorokan : Agar tidak kambuh lagi.
 
Untuk mencegah radang tenggorokan lakukanlah hal-hal berikut ini:
• Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara menyeluruh dan sering, terutama setelah menggunakan toilet, sebelum makan, dan setelah bersin atau batuk.
•  Hindari berbagi makanan, gelas minum atau peralatan lainnya dengan penderita.
•  Batuk atau bersin ke tisu kemudian membuangnya. Jika tidak ada tisu, bersinlah ke ketiak Anda.
• Gunakan pembersih tangan berbasis alkohol sebagai alternatif untuk mencuci tangan saat sabun dan air tidak tersedia, misalnya dalam perjalanan.
• Menggunakan masker jika lingkungan berdebu atau ketika membersihkan rumah.
• Hindari paparan asap rokok, dan berhenti lah merokok jika Anda seorang perokok.

Sekian Ulasan Mengenai Cara Mengobati Radang Tenggorokan , Semoga bermanfaat dan Menambah Wawasan Sobat Semua. Terimakasih
Facebook Twitter Google+
Back To Top