Blog Seputar Cara Menghilangkan Jerawat, Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Cara Menghilangkan Komedo, Cara Memutihkan Wajah ,Cara Memutihkan Kulit, Cara Memutihkan Gigi, Cara Manfaat Daun Sirsak , Artikel Kesehatan , Makalah Kesehatan, Tips Kesehataan, Skripsi Kesehatan, manfaat dan Khasiat Daun, contoh surat.Contoh makalah

Cara Mengobati Keputihan Pada Wanita

Advertisement
Advertisement
Cara Mengobati Keputihan - Sahabat Sehat kali ini Admin akan membahas mengenai Cara Mengobati Keputihan dan sebelumnya Admin telah membahas mengenai Manfaat Buah Duku, Nah, Keputihan merupakan masalah yang dihadapi oleh hampir semua wanita. Namun keputihan sendiri ada dua jenis, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis biasanya tidak berbau dan tidak terasa gatal. Sedangkan keputihan patologis baunya busuk dan menyebabkan gatal di sekitar kemaluan. 

Penyebab keputihan secara umum adalah:

* Sering memakai tissue saat membasuh bagian kewanitaan, sehabis buang air kecil maupun buang air besar
* Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis
* Tidak mengganti panty liner
* Membilas vagina dari arah yang salah. Yaitu dari ke arah anus ke arah depan vagina
* Sering bertukar celana dalam/handuk dgn orang lain
* Kurang menjaga kebersihan vagina
* Kelelahan yang amat sangat
* Stress
* Tidak segera mengganti pembalut saat menstruasi
* Memakai sembarang sabun untuk membasuh vagina
* Tidak mejalani pola hidup sehat (makan tidak teratur, tidak pernah olah raga, tidur kurang)
* Tinggal di daerah tropis yang lembap
* Lingkungan sanitasi yang kotor.
* Sering mandi berendam dengan air hangat dan panas. Jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin tumbuh di kondisi hangat.
* Sering berganti pasangan dalam berhubungan sex
* Kadar gula darah tinggi
* Hormon yang tidak seimbang
* Sering menggaruk vagina

Cara mengobati keputihan
 Gunakan Pembalut yang tepat
Teman akrab bagi wanita ketika sedang menstruasi, pembalut wanita. Tidak dapat dihindari lagi pembalut merupakan cara simple yang sering digunakan untuk wanita yang sedang menstruasi agar mampu menyerap darah agar tidak meleleh kemana mana. Tapi taukah anda , salah memilih pembalut justru membuat anda mengalami keputihan . Pilihlah pembalut yang menggunakan bantalan kualitas, mengandung kandungan herbal . Dan yang terpenting gantilah pembalut 4 jam sekali dalam sehari.
Usahakan menjaga kelembapan Miss.V
Menurut Dr. Adhi Bhakti Ginanjar, SpOG Spesialis Kebidanan & Kandungan menjaga kelembapan Mis.V merupakan pencegahan awal untuk menghindari keputihan. Tingkat keasaman yang baik untuk miss.V adalah 3,5 . Perubahan warna dan bau yang tidak sedap dapat disebabkan karena tingkat keasaaman yang tinggi dan bila dibiarkan kemungkinan terjadi nyeri pada kewanitaan . Untuk menjaga kelembapan Miss.V maka disarankan untuk tidak membersihkan vagina dengan douching (obat semprot air) karena bisa mengganggu keseimbangan ph pada vagina. Penggunaan douche justru bisa meningkatkan risiko iritasi.
 Bersihkan Miss.V dengan tepat
Selain kelembapan yang terpenting adalah menjaga kebersihan Miss.V yaitu dengan cara teratur dan ketika membersihkan vagina usahakan dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus) hal ini untuk menghindari kuman yang menempel di anus ke vagina.
 Tradisional , Daun Sirih
Daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (batlephenol) dan kandungan kavinol yang memiliki kegunaan mematikan kuman, kandungan antioksidan dan anti jamur.. Maka tak heran nenek moyang terdahulu menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan. Adapun cara yang tepat yaitu dengan mengambil 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci kemudian siapkan kurang lebih 2 liter air ke dalam panic dan merebusnya, sesudah direbus dinginkan air rebusan tadu dan basuhkan ke seluruh organ bagian kewanitaan.
 Memperbanyak Konsumsi bawang putih
Selain terkenal dengan bumbu masak. Saat ini bawang putih tidak saja dikenal bahan penyedap akan tetapi mempunyai khasiat kesehatan . Bawang putih memiliki sifat anti bakteri, anti kulat, dan anti virus memungkinkan meraka untuk menghambat perkembangan bakteri, kulat (jamur), dan virus. Penelitian menunjukan bahwa bawang putih memiliiki kekuatan antibakteri. Meningkatkan konsumsi bawang putih akan membantu anda mengatasi keputihan.

Hindari stress , olahraga teratur dan pola makan seimbang
Menghindari diri dari stress dan melakukan olahraga seimbang merupakan solusi tepat untuk anda. Lakukan olahraga satu minggu dua kali secara teratur . Komsumsi pula makanan yang sehat seperti minum susu ataupun yogurt karena kandungan di dalam susu terdapat bakteri baik yang menjaga keseimbangan bakteri candida.Demikian cara mengatasi keputihan pada wanita, semoga hal ini bermanfaat dan tidak ada salahnya untuk mencoba. Dan bila ada infeksi maka harus diberikan antibiotic yang tepat sesuai dengan resep dokter.

Pola Hidup Sehat
Dengan menjalankan pola hidup sehat memang dapat membantu anda terhindar dari berbagai masalah pada tubuh. Yang perlu anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah menjaga pola makan sehat dan bergizi, berolahraga secara teratur dan menghindari stress. Dengan begitu dapat membantu mengatasi masalah keputihan dan kesehatan pada tubuh lainnya.


Tips Agar Terhindar Dari Keputihan Abnormal

Pada dasarnya keputihan abnormal bisa dihindari dengan selalu menjaga kesehatan. Berikut ini beberapa tips cara mencegah infeksi vagina yang dapat menyebabkan munculnya keputihan abnormal.

Jaga selalu kebersihan vagina dengan rajin mencucinya secara teratur menggunakan sabun khusus dan air hangat.
Jangan menggunakan sabun wangi dan produk feminin atau douche untuk membersihkan vagina.

Setiap buang air kecil, selalu bersihkan area kewanitaan dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri masuk ke vagina dan menyebabkan infeksi. 

Jangan bertukar handuk dengan orang lain.
Kenakan celana katun 100%, dan hindari pakaian yang terlalu ketat.
Gunakan pembalut yang baik dan gantilah sesering mungkin, jangan tunggu sampai pembalut penuh.

Hindari stres karena tekanan pada jiwa yang berlebih akan menyebabkan keputihan pada wanita.

Banyak minum air putih dapat menetralkan kondisi asam basa area kewanitaan.

Rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan membunuh bakteri dari dalam.



Sekian Ulasan mengenai Cara Mengobati Keputihan Semoga bermanfaat.Terimakasih
Facebook Twitter Google+
Back To Top