Blog Seputar Cara Menghilangkan Jerawat, Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Cara Menghilangkan Komedo, Cara Memutihkan Wajah ,Cara Memutihkan Kulit, Cara Memutihkan Gigi, Cara Manfaat Daun Sirsak , Artikel Kesehatan , Makalah Kesehatan, Tips Kesehataan, Skripsi Kesehatan, manfaat dan Khasiat Daun, contoh surat.Contoh makalah

Kenali Cacing Mata Loa-loa

Advertisement
Advertisement


 Loa-loa

Adalah cacing mata yang menyebabkan penyakit disebut loaiasis atau pembengkana Calabar (Calabar swelling/fugitive swelling). Penyakit banyak dilaporkan menginfeksi orang di hutan hujan (rain forest) Afrika Barat dan Sudan.
Daur hidup
            Cacing dewasa hidup dibawah kulit daerah punggung, pinggang, axila, penis dan mata. Mikrofilaria ditemukan secara periodik di sirkulasi darah perifer pada waktu siang hari dan di daerah paru pada waktu malam hari. Hospes intermedier adalah lalat Chrysops yang menggigit kulit dan menghisap darah sehingga membawa mikrofilaria dalam tubuh hospes tersebut. Larva berkembang menjadi fase ke 3 dan  dlam bentuk filariform muda dan bermigrasi ke mulut. Periode prepatent pada manusia sekitar 1 tahun dan cacing dewasa dapat hidup 15 tahun.
Patologi
            Cacing bergerak di bawah dibawah kulit diantara jaringan dan menyebabkan respons radang. Bila cacing tinggal di suatu lokasi menimbulkan pembengkakan disebut “Calabar swelling”, dan kemudian menghilang bila cacing bergerak kelain tempat. Cacing dapat bermigrasi ke comjungtiva dan kornea.
Diagnosis dan pengobatan
            Diagnosis tepat dengan menemukan mikrofilaria dalam darah. Cacing dewasa dapat dilihat dibawah kulit, dalam kornea dan persambungan tulang hidung. Diagnosis dapat dikelirukan dengan Onchocercosis. Pengobatan terutama deilakukan dengan operasi untuk mengambil cacing dewasa. Pengobatan  dapat digunakan seperti pengobatan penyakit filariasis yaitu Dietyl carbamazin dan Metronidazole.

Facebook Twitter Google+
Back To Top