CONTOH SILABUS KEPERAWATANETIKA KEPERAWATAN
1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah :
Etika Keperawatan
Nomor Kode :
PW 101
Jumlah SKS :
2 SKS
Semester :
2
Kelompok Mata Kuliah : MKK Program Studi
Program Studi :
D3 Keperawatan (Konsentrasi Gerontologi) PKR
FPOK UPI
Status Mata Kuliah : Mata Kuliah Keahlian
Prasyarat :
-
Dosen :
dr Hamidie Ronald D, M.Pd., AIFO
Lisna Anisa Fitriana, S.Kep.,Ners.,M.Kes.,AIFO
2. Tujuan
Setelah mengikuti proses
kegiatan belajar mengajar melalui ceramah, tanya jawab dan diskusi mahasiswa dapat
menjelaskan sejarah perkembangan etik, teori-teori dan prinsip yang melandasi Etika Keperawatan yang digunakan baik
di Indonesia maupun dunia Internasional,konsep penalaran etik sampai pada
pengambilan keputusan etik dalam keperawatan serta konsep dan prinsip hukum
yang berkaitan dengan praktek keperawatan di Indonesia dan perbedaannya dengan
beberapa negara lain di dunia.
3. Deskripsi
Mata kuliah ini memberikan
pembahasan tentang sejarah, teori-teori dan prinsip yang dapat memberikan
landasan bagi mahasiswa dalam melakukan penalaran etik pada isu-isu yang
relevan dalam bidang keperawatan, serta tentang konsep, prinsip, hukum dan
keterkaitannya dengan etika yang menyangkut legislasi dan area hukum dalam
praktek keperawatan baik di Indonesia maupun dunia Internasional.
4. Pendekatan Pembelajaran
- Metode: Ceramah dan tanya jawab,
diskusi dan seminar, studi kasus
- Tugas: Mengkaji konsep dan prinsip,
makalah, presentasi/seminar, tugas individu dan kelompok
- Media: LCD Projector, Laptop, dan TV
5. Evaluasi
1. UTS : 35 %
2. UAS : 40 %
3. Tugas mandiri : 10 %
4. Seminar : 15 %
100 %
6. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1: Sejarah profesi keperawatan di
Indonesia
Pertemuan 2: Konsep dan prinsip etik yang
melandasi profesi keperawatan
Pertemuan 3: Norma dan moralitas
Pertemuan 4: Etik profesi keperawatan
Pertemuan 5: Hukum profesi keperawatan
Pertemuan 6: Pedoman berperilaku profesional
Pertemuan 7: Organisasi keperawatan di Indonesia
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
Pertemuan 9: Perbedaan dan persamaan kode etik
keperawatan di Indonesia
dan internasional
Pertemuan 10: Tanggung jawab profesional
keperawatan
Pertemuan 11: Peraturan tentang legislasi praktek
perawat dan hak serta
kewajiban dasar profesi
keperawatan
Pertemuan 12: Issue etik dan bioetik yang dihadapi
oleh profesi keperawatan
dalam
memberikan pelayanan kesehatan dalam masyarakat
Pertemuan 13: Masalah etik dan hukum
Pertemuan 14: Proses pengambilan keputusan dengan
menggunakan salah satu
model penalaran etik pada
kasus/isu Etika Keperawatan
Pertemuan 15: Bioetika dan humaniora
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)
7. Daftar Buku
1.
Edelman, Carole Lium, and Mandle, Carol Lynn. 1998. Health Promotion Troughout The
Lifespan Fourth Edition. Mosby – Year Book. St. Louis, Misouri.
2.
Husted, Gladys.L., and Husted
James H. 1995. Ethical Decision Making In Nursing Second Edition. Mosby –
Year Book. Pennsylvania.
3.
Kode Etik Keperawatan Indonesia.
4.
Kozier, Erb, Olivery. 1991. Fundamentals
Of Nursing : Concepts, Process & Practicess. Fourth Ed.
Addison-Wesley. California.
5.
Poerdjawiyatna. 1996. Etika Filsafat Tingkah laku. Rineka Cipta.
Jakarta.
6.
PERMENKES NO. 647 Tahun 2000.
7. Sultz, Harry. A., and Young,
Kristina. M, 1999. Health Care USA :
Understanding Its Organization and Delivery Second Edition. An Aspen
Publication. Gaithersburg Maryland.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan : Sejarah profesi keperawatan di Indonesia
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan tentang sejarah profesi keperawatan
di Indonesia
Jumlah
Pertemuan : 1 (satu) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan tentang sejarah profesi dan perkembangan Etika Keperawatan di Indonesia.
|
· Sejarah perkembangan Etika Keperawatan
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
Laptop
-
1,2,3,4,5,6,7
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan : Konsep dan
Prinsip Etik dan Hukum
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan konsep etik dan hukum yang melandasi
profesi
keperawatan
Jumlah
Pertemuan : 2 (dua) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
2
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Konsep dan prinsip etik yang melandasi profesi keperawatan.
|
· Pengertian etik
·
Pengertian
profesi
· Alasan diperlukannya etika dalam bidang
keperawatan
· Perbedaan etika dengan moral, etiket dan
hukum.
· Hubungan etika dengan moral, norma dan
nilai
· Prinsip dasar etika
· Pandangan etik terhadap manusia
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
Laptop
-
1,2,3,4,5,6,7
|
3
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Konsep hukum yang melandasi profesi keperawatan
|
· Tujuan/sasaran pokok hukum
· Tugas hukum
· Fungsi hukum
· Pandangan hukum terhadap manusia
· Hukum kesehatan
· Prinsip hukum dlm pemberian yankes
· Ciri nilai
· Faktor-faktor yang mempengaruhi
perubahan nilai
· Sumber nilai
· Kriteria tata nilai
· Cara menyebarluaskan nilai
· Manfaat nilai dalam bidang keperawatan
· Tata nilai yg menjadi sifat keperawatan
· Tipe ideal profesi
· Karakteristik profesi
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan : Etik dan
Hukum bagi Profesi Keperawatan
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan etik dan hukum bagi profesi keperawatan
Jumlah
Pertemuan : 1 (satu) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
4
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan etik dan hukum bagi profesi keperawatan.
|
· Ciri accountable dan reliable perawat
· Tanggung jawab dasar profesi keperawatan
· Perkembangan etik profesi
· Implikasi tanggung jawab etik profesi
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
Laptop
-
1,2,3,4,5,6,7
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan : Konsep
Manusia dan Kebutuhan Dasar Manusia
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan teori yang mendasari etik
Jumlah
Pertemuan : 1 (satu) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
5
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan teori yang mendasari etik
|
· Hedonisme
· Eudemonisme
· Utilitarisme
· Deontologi
· Naturalisme
· Idealisme
· Vitalisme
· Theologisme
· Rasionalisme
· Pragmatisme
· Existensialisme
· Realisme
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika
Keperawatan
Topik Bahasan : Organisasi
Keperawatan di Indonesia
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan organisasi keperawatan yang ada di Indonesia
Jumlah
Pertemuan : 1 (satu) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
6
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan tentang organisasi keperawatan.
|
· Organisasi keperawatan Indonesia dan
Internasional
· Fungsi organisasi profesi indonesia
· Kedudukan dan peran organisasi profesi
indonesia
· Pembagian peran dan tanggung jawab PPNI
dan AIPNI
· Kode etik keperawatan Indonesia
· Kode etik keperawatan Internasional
(ICN)
· Kode etik keperawatan Amerika (ANA)
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan : Konsep Regulasi
Keperawatan
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan tentang konsep regulasi keperawatan
Jumlah
Pertemuan : 1 (satu) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
7
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan konsep regulasi keperawatan.
|
· Pengertian regulasi
· Pengertian regulasi keperawatan
· Dasar hukum regulasi kep
· Peran regulasi
· Pelaksana regulasi
· Majelis kolegium
· Konsil kep
· Registrasi
· Legislasi
· Akreditasi
· Sertifikasi
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan : Isu Etik dan
Bioetik Keperawatan
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan berbagai isu etik dan bioetik yang dihadapi oleh
profesi
keperawatan
Jumlah
Pertemuan : 1 (satu) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
9
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan berbagai issue etik dan bioetik yang dihadapi oleh profesi
keperawatan dalam memberikan pelayanan kesehatan dalam masyarakat.
|
· Manusia
· Sehat
· Lingkungan
· Keperawatan
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan : Model-model
Proses Pengambilan keputusan etik
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan model-model proses pengambilan keputusan etik
Jumlah
Pertemuan : 1 (satu) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
10
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Model-model proses pengambilan keputusan etik dalam
praktek keperawatan.
|
· Husted’s bioethical decision Making (model I)
· Davis & Slater’s model.
(model II)
· Langkah-langkah penalaran etik
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan : Tanggungjawab
Profesional keperawatan
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan tanggungjawab profesional keperawatan
Jumlah
Pertemuan : 1 (satu) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
11
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan tanggung jawab profesional keperawatan.
|
· Dasar hukum / sumber hukum
· Hak profesi kep
· Kewajiban profesi kep
· Meningkatkan status klien
· Mencegah penyakit
· Memulihkan kesehatan
· Mengurangi penderitaan
· Menemukan masalah etik dan hukum
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan : Etik dan
Hukum dalam Perkembangan Bioteknologi dan Humaniora
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan Etik dan Hukum dalam perkembangan Bioteknologi dan
Humaniora
Jumlah
Pertemuan : 2 (dua) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
12
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Etik dan hukum dalam perkembangan bioteknologi dan
humaniora.
|
· Malpraktek
· Reproduksi manusia
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|
13
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Etik dan hukum dalam perkembangan bioteknologi dan
humaniora.
|
· Euthanasia
· Transplantasi organ dan jaringan tubuh
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode dan Mata
Kuliah : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan : Informed
Consent
Tujuan
Pembelajaran Umum : Para
mahasiswa dapat menjelaskan informed consent dalam transaksi terapeutik
Jumlah
Pertemuan : 2 (dua) kali
Perte-
Muan
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
|
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
14
|
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang informed consent dalam transaksi terapeutik.
|
· Pengertian informed consent
· Pengertian transaksi terapeutik
· Hubungan informed consent dan transaksi
terapeutik
· Peranan informed consent
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|
15
|
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang informed consent dalam transaksi terapeutik.
|
· Permasalahan yg mungkin muncul
· Syarat informed consent
· Bentuk informed consent
|
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari
contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
|
Mendiskusikan isi
naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.
Kuis lisan di akhir
pembelajaran
|
-
LCD
-
1,2,3,4,5,6,7
|