Blog Seputar Cara Menghilangkan Jerawat, Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Cara Menghilangkan Komedo, Cara Memutihkan Wajah ,Cara Memutihkan Kulit, Cara Memutihkan Gigi, Cara Manfaat Daun Sirsak , Artikel Kesehatan , Makalah Kesehatan, Tips Kesehataan, Skripsi Kesehatan, manfaat dan Khasiat Daun, contoh surat.Contoh makalah

CONTOH SILABUS KEPERAWATAN ETIKA KEPERAWATAN

Advertisement
Advertisement

CONTOH SILABUS KEPERAWATANETIKA KEPERAWATAN




1.      Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah            : Etika Keperawatan
Nomor Kode                     : PW 101
Jumlah SKS                      : 2 SKS
Semester                            : 2
Kelompok Mata Kuliah    : MKK Program Studi
Program Studi                   : D3 Keperawatan (Konsentrasi Gerontologi) PKR
                                            FPOK UPI
Status Mata Kuliah           : Mata Kuliah Keahlian
Prasyarat                           : -
Dosen                                : dr Hamidie Ronald D, M.Pd., AIFO
                                             Lisna Anisa Fitriana, S.Kep.,Ners.,M.Kes.,AIFO

2.      Tujuan
Setelah mengikuti proses kegiatan belajar mengajar melalui ceramah, tanya jawab dan diskusi mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perkembangan etik, teori-teori dan prinsip yang melandasi Etika Keperawatan yang digunakan baik di Indonesia maupun dunia Internasional,konsep penalaran etik sampai pada pengambilan keputusan etik dalam keperawatan serta konsep dan prinsip hukum yang berkaitan dengan praktek keperawatan di Indonesia dan perbedaannya dengan beberapa negara lain di dunia.

3.      Deskripsi
Mata kuliah ini memberikan pembahasan tentang sejarah, teori-teori dan prinsip yang dapat memberikan landasan bagi mahasiswa dalam melakukan penalaran etik pada isu-isu yang relevan dalam bidang keperawatan, serta tentang konsep, prinsip, hukum dan keterkaitannya dengan etika yang menyangkut legislasi dan area hukum dalam praktek keperawatan baik di Indonesia maupun dunia Internasional.

4.      Pendekatan Pembelajaran
  1. Metode: Ceramah dan tanya jawab, diskusi dan seminar, studi kasus
  2. Tugas: Mengkaji konsep dan prinsip, makalah, presentasi/seminar, tugas individu dan kelompok
  3. Media: LCD Projector, Laptop, dan TV

5.      Evaluasi
1. UTS                    :  35 %
2. UAS                   :  40 %
3. Tugas mandiri     :  10 %
4. Seminar              :  15 %
                         100 %



6.      Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1: Sejarah profesi keperawatan di Indonesia
Pertemuan 2: Konsep dan prinsip etik yang melandasi profesi keperawatan
Pertemuan 3: Norma dan moralitas
Pertemuan 4: Etik profesi keperawatan
Pertemuan 5: Hukum profesi keperawatan
Pertemuan 6: Pedoman berperilaku profesional
Pertemuan 7: Organisasi keperawatan di Indonesia
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
Pertemuan 9: Perbedaan dan persamaan kode etik keperawatan di Indonesia
                    dan internasional
Pertemuan 10: Tanggung jawab profesional keperawatan
Pertemuan 11: Peraturan tentang legislasi praktek perawat dan hak serta
                      kewajiban dasar profesi keperawatan
Pertemuan 12: Issue etik dan bioetik yang dihadapi oleh profesi keperawatan
 dalam memberikan pelayanan kesehatan dalam masyarakat
Pertemuan 13: Masalah etik dan hukum
Pertemuan 14: Proses pengambilan keputusan dengan menggunakan salah satu
                     model penalaran etik pada kasus/isu Etika Keperawatan
Pertemuan 15: Bioetika dan humaniora
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)

7.      Daftar Buku
1.      Edelman, Carole Lium, and Mandle, Carol Lynn. 1998. Health Promotion Troughout   The Lifespan Fourth Edition. Mosby – Year Book. St. Louis, Misouri.
2.       Husted, Gladys.L., and Husted James H. 1995. Ethical Decision Making In Nursing Second Edition. Mosby – Year Book. Pennsylvania.
3.      Kode Etik Keperawatan Indonesia.
4.      Kozier, Erb, Olivery. 1991. Fundamentals Of Nursing : Concepts, Process & Practicess. Fourth Ed. Addison-Wesley. California.
5.      Poerdjawiyatna. 1996. Etika Filsafat Tingkah laku. Rineka Cipta. Jakarta.
6.      PERMENKES NO. 647 Tahun 2000.
7.      Sultz, Harry. A., and Young, Kristina. M, 1999. Health Care USA : Understanding Its Organization and Delivery Second Edition. An Aspen Publication. Gaithersburg Maryland.






SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Sejarah profesi keperawatan di Indonesia
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan tentang sejarah profesi keperawatan di Indonesia
Jumlah Pertemuan                            : 1 (satu) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
1
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang sejarah profesi dan perkembangan Etika Keperawatan di Indonesia.
·     Sejarah perkembangan Etika Keperawatan

Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.


Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          Laptop
-          1,2,3,4,5,6,7






SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Konsep dan Prinsip Etik dan Hukum
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan konsep etik dan hukum yang melandasi profesi
  keperawatan
Jumlah Pertemuan                            : 2 (dua) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
2
Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep dan prinsip etik yang melandasi profesi keperawatan.
·     Pengertian etik
·                             Pengertian profesi
·     Alasan diperlukannya etika dalam bidang keperawatan
·     Perbedaan etika dengan moral, etiket dan hukum.
·     Hubungan etika dengan moral, norma dan nilai
·     Prinsip dasar etika
·     Pandangan etik terhadap manusia

Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          Laptop
-          1,2,3,4,5,6,7
3
Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep hukum yang melandasi profesi keperawatan
·     Tujuan/sasaran pokok hukum
·     Tugas hukum
·     Fungsi hukum
·     Pandangan hukum terhadap manusia
·     Hukum kesehatan
·     Prinsip hukum dlm pemberian yankes
·     Ciri nilai
·     Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan nilai
·     Sumber nilai
·     Kriteria tata nilai
·     Cara menyebarluaskan nilai
·     Manfaat nilai dalam bidang keperawatan
·     Tata nilai yg menjadi sifat keperawatan
·     Tipe ideal profesi
·     Karakteristik profesi
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7











SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Etik dan Hukum bagi Profesi Keperawatan
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan etik dan hukum bagi profesi keperawatan
Jumlah Pertemuan                            : 1 (satu) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
4
Mahasiswa dapat menjelaskan etik dan hukum bagi profesi keperawatan.
·     Ciri accountable dan reliable perawat
·     Tanggung jawab dasar profesi keperawatan
·     Perkembangan etik profesi
·     Implikasi tanggung jawab etik profesi
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          Laptop
-          1,2,3,4,5,6,7








SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Konsep Manusia dan Kebutuhan Dasar Manusia
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan teori yang mendasari etik
Jumlah Pertemuan                            : 1 (satu) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
5
Mahasiswa dapat menjelaskan teori yang mendasari etik
·     Hedonisme
·     Eudemonisme
·     Utilitarisme
·     Deontologi
·     Naturalisme
·     Idealisme
·     Vitalisme
·     Theologisme
·     Rasionalisme
·     Pragmatisme
·     Existensialisme
·     Realisme

Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7



SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Organisasi Keperawatan di Indonesia
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan organisasi keperawatan yang ada di Indonesia
Jumlah Pertemuan                            : 1 (satu) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
6
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang organisasi keperawatan.

·     Organisasi keperawatan Indonesia dan Internasional
·     Fungsi organisasi profesi indonesia
·     Kedudukan dan peran organisasi profesi indonesia
·     Pembagian peran dan tanggung jawab PPNI dan AIPNI
·     Kode etik keperawatan Indonesia
·     Kode etik keperawatan Internasional (ICN)
·     Kode etik keperawatan Amerika (ANA)

Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7


SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Konsep Regulasi Keperawatan
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan tentang konsep regulasi keperawatan
Jumlah Pertemuan                            : 1 (satu) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
7
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep regulasi keperawatan.

·     Pengertian regulasi
·     Pengertian regulasi keperawatan
·     Dasar hukum regulasi kep
·     Peran regulasi
·     Pelaksana regulasi
·     Majelis kolegium
·     Konsil kep
·     Registrasi
·     Legislasi
·     Akreditasi
·     Sertifikasi
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7





SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Isu Etik dan Bioetik Keperawatan
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan berbagai isu etik dan bioetik yang dihadapi oleh profesi
   keperawatan
Jumlah Pertemuan                            : 1 (satu) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
9
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai issue etik dan bioetik yang dihadapi oleh profesi keperawatan dalam memberikan pelayanan kesehatan dalam masyarakat.
·     Manusia
·     Sehat
·     Lingkungan
·     Keperawatan

Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7







SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Model-model Proses Pengambilan keputusan etik
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan model-model proses pengambilan keputusan etik
Jumlah Pertemuan                            : 1 (satu) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
10
Mahasiswa dapat menjelaskan Model-model proses pengambilan keputusan etik dalam praktek keperawatan.
·     Husted’s bioethical decision Making (model I)
·     Davis & Slater’s model.
    (model II)
·     Langkah-langkah penalaran etik
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7








SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Tanggungjawab Profesional keperawatan
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan tanggungjawab profesional keperawatan
Jumlah Pertemuan                            : 1 (satu) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
11
Mahasiswa dapat menjelaskan tanggung jawab profesional keperawatan.

·     Dasar hukum / sumber hukum
·     Hak profesi kep
·     Kewajiban profesi kep
·     Meningkatkan status klien
·     Mencegah penyakit
·     Memulihkan kesehatan
·     Mengurangi penderitaan
·     Menemukan masalah etik dan hukum

Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7






SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Etik dan Hukum dalam Perkembangan Bioteknologi dan Humaniora
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan Etik dan Hukum dalam perkembangan Bioteknologi dan
  Humaniora
Jumlah Pertemuan                            : 2 (dua) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
12
Mahasiswa dapat menjelaskan Etik dan hukum dalam perkembangan bioteknologi dan humaniora.
·     Malpraktek
·     Reproduksi manusia

Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7
13
Mahasiswa dapat menjelaskan Etik dan hukum dalam perkembangan bioteknologi dan humaniora.
·     Euthanasia
·     Transplantasi organ dan jaringan tubuh
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Kode dan Mata Kuliah                     : PW 101/ Etika Keperawatan
Topik Bahasan                                  : Informed Consent
Tujuan Pembelajaran Umum          : Para mahasiswa dapat menjelaskan informed consent dalam transaksi terapeutik
Jumlah Pertemuan                            : 2 (dua) kali

Perte-
Muan
Tujuan Pembelajaran Khusus (Performance/indikator)
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Proses Pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
Tugas dan Evaluasi
Media dan Buku Sumber
14
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang informed consent dalam transaksi terapeutik.
·     Pengertian informed consent
·     Pengertian transaksi terapeutik
·     Hubungan informed consent dan transaksi terapeutik
·     Peranan informed consent

Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7
15
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang informed consent dalam transaksi terapeutik.
·     Permasalahan yg mungkin muncul
·     Syarat informed consent
·     Bentuk informed consent
Mahasiswa menyimak kuliah dari dosen, mengajukan pertanyaan, mencari contoh, mengerjakan latihan, dan diskusi.
Mendiskusikan isi naskah dalam kelompok kecil dan menyajikan hasil temuan dari diskusi.

Kuis lisan di akhir pembelajaran
-          LCD
-          1,2,3,4,5,6,7



Facebook Twitter Google+
Back To Top