YAYASAN PONDOK PESANTREN PUTRA PUTRI
“NURUL HUDA”
PRINGSEWU
TANGGAMUS
Alamat : Jl KiHajar Dewantara No 42/45 Pringsewu
Tanggamus 35373 Telp.0729 21543 Hp 081541931261 ,08127267125
Nomor :
0311/ C / YP4- NH / PRW / VII / 2007
Lamp :
1 ( satu ) Bendel
Perihal : Permohonan Bantuan Dana Rehab Ruang Kesehatan
Kepada Yth :
Bapak Menteri Kesehatan RI
Di
Jakarta
Assalamu'alaikum
Wr Wb.
Salam
silaturrahmi kami sampaikan kepada bapak, semoga dalam menjalankan tugas
senantiasa mendapatkan Ridlo dari Alloh SWT
Dalam rangka
membantu program pemerintah yaitu turut mencerdaskan kehidupan bangsa maka
keluarga Pondok Pesantren Nurul Huda menyambut dengan mendirikan jenjang
Pendidikan Diniah .Pendidikan ini wajib diikuti oleh seluruh santriwan dan
santriwati Pondok Pesantren Nurul Huda. Kurikulum yang digunakan adalah
kurikulum Pondok Pesantren yang dipadu dengan kurikulum Berbasis Kompetensi (
KBK )yang bermuara pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP ).
Seiring
bertambahnya usia Pon-pes, maka perkembangan jumlah santripun meningkat dengan
pesat.Sementara fasilitas yang dimiliki oleh Pondok kondisinya sudah kurang
memadai dan kurang layak di pakai Khususnya Ruang Pelayanan Kesehatan Untuk itu
perlu kami mengadakan rehab Ruang Kesehatan ,maka kami mengajukan permohonan
bantuan dana rehab .
Adapun
Rekapitulasi Dana yang kami butuhkan untuk hal tersebut sebesar Rp.66885000
( Enam Puluh Enam
Juta Delapan Ratus Delapan Puluh Lima Ribu Rupiah ). Rincian RAB terlampir.
Berkaitan dengan
hal tersebut diatas, kami atas nama segenap pengurus yayasan memohon dengan
segala hormat dan penuh harap , kiranya Bapak dapat membantu kami demi
kelancaran program yang ada.
Sebagai bahan
pertimbangan Bapak, bersama ini kami lampirkan :
- Proposal
- Rencana Anggaran Biaya
- Database/Profil Pondok Pesantren
- Copy Akta Yayasan
- Copy Akte Tanah
- Data – data pendukung lainnya.
Demikian
permohonan ini kami sampaikan. Atas segala perhatian dan bantuannya dihatur kan
terima kasih.
Wassalamu'alaikum
Wr Wb.
Pringsewu,10 Januari 2015
Ketua Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda
KH. Drs.Moh.Ghufron,As.
Mengetahui
Pengasuh Pondok Pesantren
KH.Abdullah Sayuti
PROPOSAL
PERMOHONAN REHAB RUANG KESEHATAN
PONDOK PESANTREN NURUL HUDA PRINGSEWU
TANGGAMUS
I.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan Bangsa dan
mengembangkan Manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan
bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur,memiliki
pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang
mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Oleh
karena itu Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu
pendidikan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan tujuan
nasional.
Seiring dengan arah tujuan pendidikan sebagaimana dirumuskan dalam GBHN
yang antara lain untuk mengembangkan kualitas sumberdaya manusia yang
terarah,terpadu
dan menyeluruh maka diperlukan upaya peningkatan mutu pendidikan disegala
jenjang( tingkat ) dan jenis pendidikan ( formal dan non formal ).
Pondok Pesantren,dalam pemahaman umum dikenal sebagai lembaga pendidikan
tradisional Islam yang sudah mengakar dimasyarakat.Tujuan utama mendirikan
pesantren adalah mempersiapkan santri dalam memahami dan menguasai pengajaran
dan studi islam
( Tafaqquh Fiddin ), menyebarkan dan mendakwahkan pemahaman ajaran islam
kepada masyarakat muslim dan sebagai benteng pertahanan masyarakat dibidang
etika,moral dan akhlaq melalui pengajaran etika islam.Sejalan dengan tujuan ini
maka seluruh materi yang diajarkan diambil dari materi keagamaan yang diambil
langsung dari buku-buku klasik berbahasa Arab.
Sejalan dengan era tranformasi iptek dan globalisasi,beberapa pondok
pesantren mengadakan perubahan dalam kegiatan pendidikan, antara lain dengan
memasukan materi pengetahuan umum seperti penggunaan bahasa Inggris dalam
percakapan harian disamping bahasa Indonesia dan bahasa Arab, praktek komputer
dan beberapa kegiatan kecakapan hidup ( life skill ).Ini menandai bahwa makna
tradisional tadi
bukan berarti pondok pesantren tidak mengalami modernisasi,inovasi dan
kreativitas.
Inovasi dan kreativitas pesantren yang dilakukan oleh pondok Pesantren
Nurul Huda Pringsewu, Kab. Tanggamus dalam mengelola kegiatan Pendidikan di
pondok dipadu kan dalam satu paket Madrasah Diniyah ( jalur non formal ) yang
wajib diikuti oleh seluruh santri. Untuk jalur formal yaitu Madrasah Tsanawiyah
( MTs ) dan Madrasah Aliyah
( MA ). jumlah santri saat ini 475 santri putra dan
putri.. Sebagai tenaga pendidik Pondok merekrut
santri-santri senior, alumni Pondok-Pondok Pesantren dari jawa untuk membantu
Kiai mengajar, terutama untuk meteri kajian kitab kuning.Untuk pelajaran umum,
fihak Pondok merekrut tenaga profesional ( sarjana )sesuai dengan bidang
jurusan study masing-masing.
Dikemas dalam satu paket Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK ) dan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ).Pendidikan diniyyah Nurul Huda
mempelajari beberapa materi pembelajaran ( terlampir ).
Dengan sistim KBK ini,materi yang dikembangkan, mengarah ke tercapainya
tujuan awal didirikan Pondok Pesantren Nurul Huda yaitu mempersiapkan santri
dalam memahami dan menguasai pengajaran dan studi islam ( Tafaqquh Fiddin ),
menyebarkan dan mendakwahkan pemahaman ajaran islam kepada masyarakat muslim
dan sebagai benteng pertahanan masyarakat dibidang etika,moral dan akhlaq
melalui pengajaran etika Islam,menguasai IPTEK ,
SistimPendidikan Diniyyah yang dilakukan dengan sistem klasikal,menuntut
fihak pengelola menyediakan fasilitas berupa ruangan belajar khusus ( kelas )
beserta perlengkapan penunjang lainya.Jumlah kelas
yang ada saat ini 3 lokal, sehingga dalam pemakaianya bergantian pagi
dan sore.
II.
ANALISA KEBUTUHAN.
Pondok pesantren pada umumnya berjalan secara swadaya dan swadana sesuai
kemampuan Kiai ( Pengasuh ). Termasuk dalam penyediaan ruang mengaji dan asrama
santri. Dalam membangun Kiai tidak mengandalkan bantuan dari organisasi
kemasyarakatan / pemerintah.Pada umumnya Kiai dalam menyediakan fasilitas
disesuaikan dengan kemampuan finansial Kiai misal hasil panen, hasil sedekah
dermawan, atau ungkapan terima kasih masyarakat karena hajatnya berhasil berkat
dido’akan oleh Kiai.Karena terbatasnya kemampuan finansial, dalam membangun asal
jadi dan cenderung tidak memenuhi standar kelayakan. Tidak heran kesan pertama
kalau masuk Pondok ada kesan kumuh, acak-acakan dan bangunan yang sangat
sederhana terlihat disana sini.
Di era Modernisasi,Manajemen Pondok Pesantren sangat mendukung berkembangnya
kemajuan Pondok Pesantren. Dari perencanaan pembangunan , anggaran dana dan
kurikulum perlulah suatu Pesantren
dimanaj dengan baik.
III. Visi , Misi Dan Tujuan
A. VISI
Menjadikan santri yang sehat jasmani dan rohani dan dapat berfikir kritis terhadap
perkembangan peradaban Islam .
B. Misi
1. Mengembangkan pola hidup sehat
2. Mengambangkan kemampuan dasar santri
menjadi muslim yang taat beribadah dan memiliki kepedulian yangtinggi
3. Mengembangkan pemahamankeagamaan yang
toleran ,inklusif dan demokratis
4. Mengembangkan kemampuan berfikir kritis
dan sistematis dalam memahami peradabanislam
5. Memberikan landasan metodologik dalam
memahami ajaran islam
6. Membangun
madrasah sebagai ciri khas
7. Mengembangkan kemampuan dasar santri
menjadi muslim yang taat beribadat dan
memiliki kepedulian yang tinggi
6
Mengembangkan
pemahaman keagamaan yang toleran ,inklusif dan demokrat
7
Mengembangkan
kemampuan berfikir kritis dan sistematis dalam memahami peradaban Islam
8
Memberikan
landasan metodologik dalam memahami ajaran Islam
9
Membangun madrasah sebagai ciri khas pendidikan dan
pengembangan ajaran islam
C. Tujuan
1. menciptakan santri yang
sehat jasmani dan rohani
2 Terpenuhi sarana Kesehatan santri yang
memadahi.
3. Terciptanya suasana yang kondusif didalam pemondokan.
4. Mendukung daya kreasi dan
inovasi santri lebih optimal.
IV.NAMA PROGRAM
Program Bantuan Rehab Ruang Kesehatan (RRK)
diajukan dalam rangka Pemeliharaan sarana Kesehatan yang mencukupi dan menunjang
sesuai dengan standar kelayakan ,
V. DASAR PROGRAM
1. Program pengembangan Sarana dan prasarana
pon-pes NURUL HUDA
2. Rapat Pengurus Pondok Pesantren Nurul Huda
VI. SASARAN DAN KEGIATAN.
Mengacu pada dasar program di Pondok Pesantren
Nurul Huda Pringsewu. Tanggamus maka sasaran dan kegiatan diarahkan pada
Program Permohonan Bantuan rehab Ruang Kesehatan dengan tujuan :
- santri
yang belajar di pondok Pesantren Nurul Huda mendapatkan pelayanan yang
memadai
- Dengan
Sarana dan prasarana yang memadai maka dapat diupayakan peningkatan mutu
pendidikan Sekolah dan Pondok Pesantren
- Merencanakan
program Rehab Ruang kesehatansantri secara berkesinambungan sesuai dengan
program Pondok Pesantren baik jangka pendek maupun jangka panjang.
- Penyusunan
program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang khususnya untuk
sarana dan prasarana.
- Melakukan
monitoring dan evaluasi atas program yang sudah dijalankan untuk
pengembangan program berikutnya.
VII. Waktu dan Strategi Pelaksanaan
Pembangunan
a. Waktu
Dalam pelaksanaan Program
Bantuan Tambahan Ruang Kelas Baru dan Asrama
santri, strategi pelaksanaan pembangunan akan dimulai pada bulan Agustus,
september dan Oktober 2009.
b. Strategi Pelaksanaan Pembangunan
Rencana Rehab Ruang Kesehatan Santri ini dilakukan secara
intensif dan berkesinambungan dengan mengambil langkah dan strategi berikut:
1. Persiapan umum
2. Persiapan teknis
3. Pelaksanaan
4. Penyelesaian
5. Monitoring dan evaluasi
VIII. Rencana Anggaran & Gambar
Bangunan
a. Rencana Anggaran terlampir
b. Gambar bangunan yang perlu di rehap (terlampir)
IX. Organisasi Pelaksana Kerja Pembangunan
(terlampir)
X. Sumber Dana Pembangunan
Sumber dana pembangunan ini di
harapkan berasal dari:
1. Proyek Peningkatan Mutu Kesehatan
pemerintah RI .
2. Wali santri
3. donatur yang tidak mengikat
XI. Hambatan-hambatan
Hambatan yag akan terjadi
ialah:
1. Persiapan dana yang sangat kurang
2. Kebutuhan pembenahan yang sangat mendesak
3. Sarana Pelayanan Ruang Kesehatan yang
kurang memadai
XII. Penutup
Demikian Proposal Bantuan Rehab
Ruang Kesehatan Santri kami ajukan untuk dapat di tindak lanjuti dan
direalisasi mengingat permasalahan ini dalam rangka menunjang mutu pendidikan
Atas perkenaan Bapak kami ucapkan terima kasih.
Pringsewu,10 Januari 2015
Ketua Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda
KH. Drs.Moh.Ghufron,As.
Mengetahui
Pengasuh Pondok Pesantren
KH.Abdullah Sayuti
Data Siswa Diniyah dari Tahun 2003 sampai dengan 2009
NO
|
TAHUN
|
KELAS 1
|
KELAS 2
|
KELAS 3
|
TOTAL
|
|||||
PUTRA
|
PUTRI
|
|||||||||
1A
|
1B
|
1A
|
1B
|
2A
|
2B
|
3A
|
3B
|
|||
1
|
2003-2004
|
35
|
32
|
40
|
38
|
39
|
45
|
33
|
28
|
290
|
2
|
2004-2005
|
27
|
30
|
30
|
37
|
67
|
78
|
39
|
45
|
353
|
3
|
2005-2006
|
38
|
32
|
35
|
27
|
57
|
67
|
67
|
78
|
401
|
4
|
2006-2007
|
40
|
38
|
40
|
45
|
70
|
62
|
57
|
67
|
419
|
5
|
2007-2008
|
43
|
37
|
43
|
44
|
78
|
85
|
75
|
65
|
470
|
6
|
2008-2009
|
43
|
42
|
45
|
50
|
80
|
87
|
78
|
85
|
510
|
Data Siswa Madrasah Tsanawiyah dari Tahun 2003 sampai dengan 2009
NO
|
TAHUN
|
KELAS 1
|
KELAS 2
|
KELAS 3
|
TOTAL
|
|||
PA
|
PI
|
PA
|
PI
|
PA
|
PI
|
|||
1
|
2003-2004
|
17
|
20
|
15
|
20
|
12
|
18
|
102
|
2
|
2004-2005
|
20
|
26
|
17
|
28
|
20
|
28
|
139
|
3
|
2005-2006
|
23
|
20
|
18
|
25
|
20
|
28
|
144
|
4
|
2006-2007
|
17
|
21
|
14
|
18
|
14
|
17
|
101
|
5
|
2007-2008
|
21
|
26
|
16
|
22
|
16
|
26
|
127
|
6
|
2008-2009
|
25
|
27
|
21
|
26
|
16
|
22
|
137
|
Data Siswa Madrasah Aliyah dari tahun 2002
sampai dengan 2009
NO
|
TAHUN
|
KELAS 1
|
KELAS 2
|
KELAS 3
|
TOTAL
|
|||
PA
|
PI
|
PA
|
PI
|
PA
|
PI
|
|||
1
|
2003-2004
|
25
|
27
|
20
|
19
|
12
|
18
|
121
|
2
|
2004-2005
|
20
|
26
|
20
|
30
|
20
|
22
|
138
|
3
|
2005-2006
|
18
|
20
|
22
|
26
|
25
|
30
|
141
|
4
|
2006-2007
|
19
|
23
|
21
|
20
|
27
|
26
|
136
|
5
|
2007-2008
|
17
|
23
|
19
|
27
|
27
|
20
|
133
|
6
|
2008-2009
|
26
|
25
|
21
|
19
|
16
|
15
|
122
|
IV. Unit Pelayanan di bawah naungan Yayasan Pon-Pes Nurul Huda
- Pondok
Pesantren Putra-Putri Nurul Huda
- Taman
Kanak-kanak Nurul Huda (TKA)
- Madrasah
Diniyah Nurul Huda
- Madrasah
Tsanawiyah
- Madrasah
Aliyah
- Majelis
Ta'lim Nurul Huda
- Kelompok
binaan Nurul Huda
- Bimbingan
Ketrampilan Home Industri Pembuatan Bata merah
- Pusat
Informasi dan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja ( PIK-KRR)
- Kopontren
Nurul Huda
- Pusat
Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nurul Huda
V. Jumlah Santri Asuh Dalam Pondok Pesantren/Panti
NO
|
Nama Lembaga Pelayanan
|
Jumlah
Anak
|
Jumlah
Guru
|
Keterangan
|
01
|
Santri Pon-PesNurul Huda
|
535
|
39
|
|
02
|
Madrasah Diniah
|
|
|
|
03
|
Madrasah Tsanawiyah
|
|
|
|
04
|
Madrasah Aliyah
|
|
|
|
RENCANA
PENGUNAAN ANGARAN/PEMBIAYAAN
Nama Lembaga
:Pondok Pesantren Nurul Huda
Desa/Kampung :Pringkumpul
Kecamatan
:Pringsewu
Kabupaten
:Tanggamus
Propinsi
:Lampung
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I.
Visi
Misi Dan Tujuan madrasah Diniyah Nurul Huda
A VISI
Terwujudnya lulusan Madrasah Diniyah
yang berakhlak mulia ,beretos kerja tinggi ,berfikir kritis terhadap
perkembangan peradaban Islam .
B Misi
Mengambangkan kemampuan dasar
santri menjadi muslim yang taat beribadata dan memiliki kepedulian yangtinggi
Mengembangkan pemahamankeagamaan yang toleran ,inklusif dan demokratis
mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan sistematis dalam memahami
peradabanislam
memberikan landasan metodologik dalam memahami ajaran islam
membangun madrasah sebagai ciri khas
.
Mengambangkan kemampuan dasar dasar santri menjadi muslim yang taat
beribadata dan memiliki kepedulian yangtinggi
Mengembangkan pemahamankeagamaan yang toleran ,inklusif dandemokratis
mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan sistematis dalam memahami
peradabanislam
memberikan landasan metodologik dalam memahami ajaran islam
membangun madrasah sebagai ciri khas
.
- Tujuan
1. meningkatkan perolehan nilai UAN
2. Meningkatkan presentasi siswa yang diterima di sekolah yang lebih tinggi
3. meningkatkan daya serap siswa permata pelajaran
4. Aktif dalam kegiatan dan meraih gelar juara dalam setiap perlombaan
5. Terbentuknya sikap disiplin ,tertib,jujur,sopan ,dan rapi
6. Memiliki Kreativitas yang tinggi
- Kegiatan Yang Sudah, Sedang dan Akan
dilaksanakan
1.Yang sudah dilaksanakan: Pengajian kitab dengan sistim sorokan dan
bandungan
2.Jamiatul Kubro : latihan pidato dalam bahasa indonesia, arab dan inggris
Latihan Khodbah Jum'at,Tilawah,baca puisi,
ke MC an
drama sebabak ( bermain peran ),irama
padang pasir
3.Evaluasi : Semua kegiatan di jamiatul kubro dilombakan
disetiap akhir tahun ( akhirussanah )